4 tips merawat motor injeksi matic agar lebih awet

,

Di jaman secanggih ini siapa sih yang tidak tahu teknologi injeksi ?
rata-rata motor keluaran tahun 2016 ke atas sudah menggunakan teknologi injeksi.
ngomong-ngomong injeksi, apa itu injeksi?

Injeksi adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.

Lantas bagaimana cara merawat motor berteknologi kan injeksi dengan mudah dan tidak mahal ?

1. Cek kondisi oil sepeda motor.



Banyak orang menyepelekan oil atau oli sepeda motor, padahal oilsendiri sangat berperan penting dalam menjaga kinerja sepeda motor.
Pada jenis motor bebek rata-rata hanya menggunakan satu oil yaitu oil mesin.
Berbeda dengan matic, jenis sepeda motor ini hampir semua dan mungkin malah semua menggunakan dua oil atau oli yaitu oil mesin dan oil gearbox atau garda.

Peranan oil sendiri sangatlah vital bagi keadaan mesin, contohnya mesin akan cepat panas dan rusak dan lain-lain jika telat dalam mengganti oil dengan oil yang baru.
Sangat merugikan bukan ?
Saran saya sering-sering cek kondisi oil paling tidak satu bulan sekali ganti dengan oil yang baru.

2. Filter atau saringan udara.



Motor injeksi berbeda dengan motor convensional atau yang menggunakan karburator. Motor berteknologi kan injeksi ini lebih ringkih dan akan terasa berat atau ngempos jika saringan udara atau filter dalam keadaan kotor, dan dampaknya jelas akan berpengaruh besar pada kesehatan mesin motor.

Debu atau kotoran yang menempel pada filter akan ikut terhisap masuk kedalam kop silinder melalui trotle body( komponen sepeda motor yang mirip karburator ), tidak kebayang kan apa jadinya jika debu tersebut ikut ter kompresi oleh seher atau torak ?
Sudah pasti kotoran tadi akan mengerak di bagian paling atas piston, belum lagi sisanya yang lambat laun akan menyebabkan boring piston lecet !!! Dan itu semua akan menyebabkan hilangnya kompresi karena terjadi kebocoran yang disebabkan oleh lecetnya boring.

Kompresi hilang motor tidak akan bisa hidup, itu dapat di pastikan.
Jadi sering-sering lah mengecek keadaan filter paling tidak dua minggu sekali.

3. Aki.



Rata-rata motor saat ini menggunakan sistem pengapian dc, apalagi motor injeksi yang kehadirannya masih terbilang baru, maka sudah jelas motor berteknologi injeksi ini semuanya menggunakan sistem pengapian dc.
Lalu apa pengaruhnya jika aki tekor atau soak ? Pengaruhnya sudah jelas, kelistrikan akan eror apalagi pengapian.

Sepeda motor yang menggunakan sistem pengapian dc tidak akan bisa menyala jika aki soak.
Walau ada juga yang masih tetap bertahan hidup tanpa aki contohnya mio sporty dan lain-lain, tapi itu adalah tipe motor convensional,Kalau injeksi rata-rata akan mati.

Jadi peranan akik dalam motor berteknologi kan injeksi juga vital.
Saran saya sering-sering lah cek keadaan aki minimal 1 bulan sekali ganti air aki dan cas 2 sampai 3 jam pengisian, itupun jika menggunakan aki basah.
Beda dengan aki kering, aki kering adalah aki yang bebas perawatan jadi bila sudah rusak anda wajib menggantinya dengan yang baru.

4. Cek kondisi busi.



Motor tanpa busi tidak akan bisa hidup,itu fakta dan semua juga tahu.
Tapi kebanyakan orang hanya sekedar tahu tetapi tidak pernah memahami busi. Padahal cara mengecek nya simpel kita hanya perlu mengecek warna dan usia busi saja.

Warna busi:

- Hitam.
keadaan campuran udara dan bahan bakar terlalu kaya, pengaruhnya bagi motor banyak tapi kita akan bahas yang simpel simpel saja.
Contohnya motor akan terasa lebih boros, busi banjir, dan pembakaran tidak sempurna yang bisa menimbul kan mesin brebet.

- Putih.
campuran bahan bakar dan udara terlalu irit atau miskin, efeknya motor anda akan tidak setabil dalam sistem pembakaran,dan tenaga akan terasa hilang karena kurangnya asupan bahan bakar yang dibutuhkan mesin.
Parahnya komponen lainnya seperti saher dan lain-lain cenderung lebih mudah aus atau rusak.

- Merah bata.
campuran yang pas seperti kopi bikinan ibuku wkwkwk.
Warna merah bata sendiri menunjukkan bahwa pembakaran itu sempurna tidak terlalu irit namun tidak juga terlalu boros, dan warna inilah yang sangat bagus bagi kesehatan motor karena sistem pembakaran nya berarti sempurna.

- Usia busi.
gantilah busi minimal setiap tahun satu kali, jangan tunggu sampai busi berkarat jika anda tidak ingin repot-repot menuntun motor di pinggiran jalan dikarenakan busi yang mati.

Sebenarnya masih banyak cara merawat motor injeksi.
Tapi saya kira itu sudah cukup dan semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah mau membaca artikel ini.
Sekali lagi terima kasih sudah mau mampir, semoga diberikan kesehatan dan dijauhi dari segala masalah amin.

No comments:

Post a Comment