Cara melamar pekerjaan yang baik dan benar

,

Anda sedang mencoba melamar pekerjaan untuk menunjang perkembangan masadepan anda, tetapi anda bingung kenapa selalu gagal, kenapa sering tidak dipanggil..dll.

Saya mau memberi sedikit trik dan dan solusi agar anda bisa mendapat peluang lebih besar untuk di terima di sebuah perusahaan setelah anda membaca artikel ini (tapi ingat saya tidak terlalu menjajikan anda bisa cepat mendapat pekerjaan di perusahaan karena saya hanya mengarahkan anda agar bisa lebih mudah dalam mendapat pekerjaan dan pastinya keberhasilan itu bergantung pada sebuah perjuangan......

Dibawah ini adalah tahapan" yang harus anda cermati.. .

1. Ketelitian.



Image Source: Kompasiana.com

Apa sajakah hal-hal yang harus diperhatikan saat anda sedang melamar sebuah pekerjaan. Sudah lengkapkah berkas-berkas anda yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak perusahaan(foto copy ktp,skck,cv,ijazah,pas photo 3x4 2 lembar,surat dokter)dll.

Memastikan semua yang ada di atas adalah berkas-berkas yang masih layak, khusus untuk skck dan surat dokter upayakan agar selalu mengecek masa berlakunya agar tidak menjadi blunder saat sedang di cek oleh pihak perusahaan.

2. Penargetan.



Image Source: Kompasiana.com

Sebelum anda menyebarkan lamaran ada baiknya jika anda mengetahui perusahaan apa yang anda idam-idamkan, bidang apakah yang ingin anda kuasai di perusahaan tersebut agar tidak terlalu tertekan dalam bekerja nantinya.

Lihatlah standar/syarat" agar bisa di terima oleh perusahaan tersebut, sesuaikan dengan anda(masukkah anda dalam syarat" perusahaan tersebut)  jika tidak maka urungkan niat anda dan cari perusahaan lain yang sesuai dengan anda.

Contoh:
Dibutuhkan seorang driver (pengendara)
Laki laki
Pendidikan S1
Maks, Usia 23

Jika anda adalah seorang yang  berusia 22 tahun lulusan S1 dan bisa menjadi driver maka lamarlah lowongan tersebut apabila anda tertarik. Tetapi jika anda bukan seperti yang di atas maka ada baiknya urungkan niat mulia anda dan mencari yang baru yang sesuai dengan anda...

3. Selalu up to date di internet.



Image Source: Kompasiana.com

Banyak manfaat dari internet termasuk untuk anda yang sedang membutuhkan pekerjaan, disamping mudah, mencari pekerjaan melalui internet sangatlah menghemat pengeluaran anda jika dibandingkan dengan mencari pekerjaan secara langsung kesana kemari dengan hasil yang belum pasti...

Masih di internet.. .
manfaatkanlah google dan sosial media contoh(facebook)  sebagai sarana mencari pekerjaan (anda bisa bergabung dengan grup" yang bertema kan loker/lowongan pekerjaan atau langsung mengetik lowongan pekerjaan terbaru di google sertaskan bulan dan tahunnya.

Sekarang banyak orang mengandalkan iternet sebagai senjata untuk melamar pekerjaan, dan banyak situs" penyedia lowongan baik yang online maupun yang manual/melalui pos..
Jadi manfaatkanlah dengan bijak kedua cara tersebut agar memperoleh hasil yang maks.

Satu lagi dari internet yaitu sering lah melatih diri anda untuk mencari dan mempelajari tes" yang biasanya keluar di perusahaan-perusahaan ternama agar anda terbiasa dengan tes dari perusahaan yang rata-rata cukup rumit bila nelum terbiasa dengan soal" tersebut.

Selanjutnya cara menhadapi panggilan dari perusahaan supaya besar kemungkinan anda bisa di terima di perusahaan tersebut.

Anda yg melamar dan di beri undangan oleh pihak perusahaan masih harus memgikuti sebuah tes yang di sediakan oleh pihak perusahaan.
Ada banyak tes dan masing masing perusahaan menggunakan metode tes yang berbeda beda yang pastinya akan mengasah dan menguji mental anda.

Jika tesnya adalah mengerjakan soal" ada baiknya jika memulai dari soal yang termudah supaya anda tidak terlalu membuang waktu karena 1 soal biasanya di beri waktu yang cukup singkat.

Selanjutnya jika anda lolos tes tersebut biasanya akan ada tes lagi yaitu interview saran saya jawablah dengan tenang setiap pertanyaan yang dilempar kepada anda, jika di tanya berapa gajih yang anda inginkan sebaiknya anda jawab "Gajih yang saya inginkan yaitu sesuai dengan UMR perusahaan tersebut.

Jika lolos interview anda tinggal cek medikal dan cukup disini saya mengarahkan anda karena semua tergantung nasib anda, dan kesehatan anda, karena jika anda memiliki sebuah penyakit yang cukup serius atau mata minus perusahaan akan berpikir dua kali bahkan anda bisa gagal, tetapi tidak ada salahnya (nanggung karna udah jauh anda dalam berjuang hingga ke tes medikal)  sebaiknya ikuti siapa tau rezjki karena allah maha pemberi rezeki dan maha tau akan segala galanya. ......

Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa mendapat pekerjaan amin... ....sekian dulu dari saya...

No comments:

Post a Comment